Sungai Pua Nagari Madani Terbaik Di Kabupaten Agam

Jumat, 23 Agustus 2019 | 21:03:36 | Dibaca : 293 Pembaca

NAGARI SUNGAI PUA SEBAGAI NAGARI MADANI TERBAIK DI KABUPATEN AGAM SELAMA DUA TAHUN BERTURUT-TURUT

 

Oleh: Fiki Ananda, St. Batuah Nan Sati

 

Assalamualaikum, Wr. Wb

Alhamdullah hirabbil’alamin kita bersyukur kepada Allah SWT semoga kita semua senantiasa diberikan rahmat dan karunia Allah SWT serta sukses dalam menjalankan aktifitas sehari hari Amin ya rabbal ‘alamin.

Serangkaian upacara penurunan bendera merah putih di lapangan kantor Bupati Agam dalam memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74, diawali dengan penyerahan penghargaan dan reward kepada beberapa Nagari dan instansi, alhamdulilah Nagari Sungai Pua dinobatkan sebagai Nagari Madani Terbaik Capaian Score Tertinggi di Kabupaten Agam.

          Prestasi sebagai Nagari Madani Terbaik yang diperoleh pada tahun 2019 ini merupakan pencapaian yang ke dua kalinya, dimana pada tahun 2018 Nagari Sungai Pua sudah memperoleh peringkat terbaik yang mengalahkan 81 Nagari lain di Kabupaten Agam dan satu-satunya Nagari yang berada di level tinggi (Level Lima).

          Nagari Madani di Kabupaten Agam merupakan program pertama di Provinsi Sumatera Barat serta menjadi ikon khusus bagi kemajuan Nagari di Kabupaten Agam, dalam launching gerakan Nagari Madani yang dilaksanakan pada tanggal 30 September 2017 oleh Bupati Agam,  menjelaskan secara umum kepada kita pentingnya pendidikan Al-Qur’an dalam kehidupan serta peran mesjid sebagai sentral kehidupan sosial dan masyarakat.

Zaman dahulu mesjid bukan hanya tempat untuk beribadah, akan tetapi juga menimba ilmu agama, beladiri serta menjadi pusat atau sentral kehidupan sosial bermasyarakat, tidak hanya itu Nagari Madani juga terkait dengan penguatan adat serta pelestarian seni budaya Minangkabau serta kepedulian sesama sekaligus mencakup tentang menjaga keamanan dan ketentraman masyarakat.

Gerakan Nagari Madani sangat selaras dengan Visi dan Misi Nagari Sungai Pua, di dalam proses pencapaiannya telah dilakukan beberapa program dan kegiatan yang mendukung didalam menjadikan Nagari Sungai Pua sebagai Nagari yang madani.

Melihat dari perkembangan zaman dan kemajuan teknologi hambatan dan halangan pasti ada dalam pencapaian ini, namun inshaallah dengan tekat kuat Pemerintahan Nagari, Lembaga-Lembaga Nagari, tokoh masyarakat Nagari dan perantauan sehingga pencapaian ini dapat kita raih

Dan kami menghimbau kepada seluruh pihak untuk mensukseskan gerakan Nagari Madani di Sungai Pua, karna ini adalah tanggung jawab kita bersama, jika komitmen, bantuan serta dukungan kita kuat inshaallah perwujutan di tengah-tengah masyarakat dan prestasi ini dapat kita pertahankan di tahun 2020 mendatang.

Sekali lagi yang terpenting adalah penerapan/implementasi dan mempertahankan nilai-nilai agama dan kebudayaan dalam kehidupan bermasyarakat sehingga kita bisa benar-benar menjadi Nagari Madanyah berlandaskan Adat Basandi Sara’, Sarak Basandi Kitabullah secara utuh dan sempurna.

Demikianlah sekilas informasi dan pemaparan ini, serta kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Angku-angku Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Lembaga-Lembaga Nagari, Perangkat Nagari, Ikatan Keluarga Sungai Pua (IKSP) dan tokoh-tokoh masyarakat Nagari Sungai Pua yang telah membantu berkontribusi baik tenaga, fikiran, waktu, moril dan materil dalam mensukseskan pencapaian ini.

Wassalamualaikum, Wr. Wb

Download

  • Bagikan